6 Hal Yang Perlu Diketahui Sebelum Renovasi Kamar Mandi

Ingin renovasi kamar mandi Anda ? Mungkin Anda masih bingung ya, Apa yang ingin direnov dan seperti apa kamar mandinya ? atau Anda ingin kamar mandi yang tampilannya lebih mewah,klasik, minimalis, bahkan retro bisa menjadi pilihan yang sulit untuk Anda. Kamar Mandi merupakan ruangan yang tanpa disadari dapat mempengaruhi Suasana hati. Kamar mandi yang cantik, rapi juga harus bersih ini akan membuat Anda lebih senang menggunakannya.

Selain itu, kamar mandi juga menjadi tempat favorit untuk merilekskan pikiran lelah sehabis beraktifitas. Anda juga dapat mengubah tema kamar mandi Anda sesuai kenyamanan Anda. Jika Anda ingin merenovasi kamar Mandi di rumah, Anda perlu memperhatikan beberapa hal sebelum merenovasinya.

 

1. Perhitungan Anggaran

Anggaran salah satu kunci dari suksesnya proses renovasi. Maka dari itu, Anda wajib menentukan anggaran atau bujet yang ingin dikeluarkan untuk renovasi kamar mandi Anda. Anggaran akan berpengaruh pada jenis material dan tukang yang digunakan. Contohnya seperti Pemilihan jenis material seperti wastafel, toilet, bak mandi, dan masih banyak lagi yang perlu dipertimbangkan. Anda juga perlu menentukan skala prioritas yang mana lebih dahulu diperbaiki.

Tentukan bahan – bahan yang penting untuk renovasi kamar mandi Anda dan lakukan survei kecil untuk mengetahui berapa harga bahan tersebut. Sehingga Anda dapat mengalokasikan anggaran dengan tepat. Anda juga dapat membuat perhitungan tentang biaya keseluruhan renovasi sehingga hal ini dapat mempermudah Anda.

 

2. Tema

Anda perlu tentukan tema atau konsep yang ingin diterapkan kamar mandi baru Anda. Mungkin Anda tetap menggunakan konsep kamar mandi yang lama, atau dapat menerapkan konsep baru seperti: minimalis, klasik, mewah, atau mungkin retro.

Yang mungkin dapat menambah inspirasi Anda, dengan menerapkan konsep “go green”. Tidak perlu penambahan aksesoris yang banyak, cukup tambahkan beberapa tanaman di kamar mandi agar udara di ruangan tidak lembab. Anda dapat menggunakan material yang ramah lingkungan yang akan menambah kamar mandi  terlihat  artistik dan hemat energi.

 

3. Letak

Penataan Letak komponen kamar mandi bisa dibilang penting. Sepertinya kurang terlihat bagus jika masuk kamar mandi langsung kloset, lebih baik jika di tata untuk langsung terlihat wastafel atau shower screen saja.

Anda dapat meletakkan kloset di sudut yang tidak terlihat mata saat melintasi kamar mandi. Cobalah tambahkan tempat handuk pada bagian yang lebih bermanfaat seperti di dekat wastafel. Tempat handuk ini juga dapat dijadikan tempat meletakkan pakaian ganti.

 

4. Ganti Keramik

Untuk keramik yang sudah berubah warna dan mungkin berkerak terkadang sulit dibersihkan. Maka Anda perlu menggantinya dengan yang baru.

Hal ini dapat sekaligus mengubah tema dan suasana kamar mandi Anda. Pilihan motif keramik akan mempengaruhi konsep yang diterapkan.

Jika Anda menggunakan keramik polos akan terlihat konsep minimalis, untuk keramik motif serat kayu akan terlihat etnik dan klasik yang hangat.

5. Pemasangan Ventilasi

Ventilasi harus ada pada kamar Mandi. Sirkulasi udara yang lancar akan memperbarui udara yang lebih segar. Pemasangan ventilasi ini juga dapat megurangi pertumbuhan jamur yang berkembang  biak di tempat lembab seperti kamar mandi. Pemasangan ventilasi yang tepat ini sangat diperlukan sehingga udara kamar mandi tetap bersih.

 

6. Pencahayaan yang pas

Banyak orang meyakini cahaya dapat menciptakan ilusi pada kamar mandi. Memang  benar, kamar mandi yang tidak terlalu luas menjadi terlihat luas dengan adanya Cahaya.

Selain itu, padukan dengan warna cat yang membuat ruangan terlihat lebih luas. Anda juga dapat menggunakan genteng kaca akrilik, agar kamar mandi tetap mendapat cahaya yang cukup. Namun jangan digunakan untuk seluruh kamar mandi, cukup 1 atau 2 saja. Agar kamar mandi tidak panas dan tetap mendapat cahaya matahari.

Demikian beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum merenovasi kamar mandi Anda.Tidak perlu khawatir untuk mendesainnya, Anda dapat meminta bantuan jasa Arsitek atau desainer interior untuk merenovasi kamar mandi sesuai keinginan Anda.

Wujudkan Kamar Mandi Impian Anda !

Tinggalkan Balasan