7 Bangunan Indah Karya Arsitek Wanita

Pekerjaan pembangunan gedung, rumah dan banguann lainnya adalah bidang yang cenderung maskulin. Tak heran jika profesi arsitek banyak dilakoni oleh kaum pria. Tapi nyatanya banyak juga arsitek wanita dengan pamor kelas dunia.

Zaha Hadid (1950-2016) adalah salah satu yang paling disegani. Wanita kelahiran Irak ini adalah arsitek muslimah pertama yang meraih penghargaan Arsitektur Pritzker. Karya arsitekturnya yang khas tersebar di Dubai, Seoul, Moscow dan banyak lagi. Di Indonesia ada Daliana Suryawinata.

Berikut ini bangunan memukau karya arsitek wanita yang dinilai out of the box :

METI Handmade School

Jerman Anna Heringer adalah tokoh penting dalam gerakan arsitektur yang berkelanjutan. Proyek monumental wanita asal Jerman ini adalah METI Handmade School di Bangladesh membuktikan bahwa penerapan materi dan kearifan lokal dalam desain bangunan selain cocok dengan lingkungan dan budaya setempat.

The Haidar Aliyev Centre

Gedung di Baku, Azerbaijan ini merupakan karya almarhumah Zaha Hadid. Dia adalah pelopor bagi profesi arsitek wanita. Hadid juga memenangkan Stirling Prize pada 2010 dan 2011. Penghargaan Internasional RIBA untuk Galaxy Soho diraihnya pada 2013.

Aqua Tower

Jeanne Gang menjadi salah satu arsitek dunia yang berpengaruh. Memiliki firma arsitektur sendiri, dirinya berhasil membuktikan keahliannya sebagai arsitek. Salah satu karya terpentingnya adalah Aqua Tower setinggi 261 di Chigago, Amerika Serikat, yang fasadnya merupakan teras bergelombang bagai riak permukaan air.

The Lieb House

Rumah ini dirancang sepasang suami istri Robert Venturi dan Denise Scott Brown pada 1969. Angka 9 di bagian fasad adalah menunjukkan nomor rumah Barnegat Light, New Jersey, AS, tersebut. Kusen jendela dibuat dengan asimetris sehingga berbentuk perahu layar di satu sisinya.

Vietnam Veterans Memorial

Maya Lin mendapat penghargaan “Presidential Medal of Freedom” dari Presiden AS Barrack Obama. Dia menghasilkan banyak mahakarya indah seperti Riggio-Lynch Chapel di Tennessee dan Vietnam Veterans Memorial di Washington, DC.

Atlantis Condominium

Elizabeth Plater-Zyberk adalah seorang arsitek kelahiran Amerika yang mendirikan perusahaan Arquitectonica yang bermarkas di Miami. Plater-Zyberk adalah bagian dari gerakan Urbanisme Baru pada 1980-an. Konsepnya adalah merancang lingkungan perkotaan yang mempromosikan konsep ramah lingkungan dengan menciptakan lingkungan yang mudah walkable.

Citroën Flagship Store

Manuelle Gautrand adalah seorang arsitek Prancis yang mendapat pengakuan internasional. Salah satunya adalah Citroën Flagship Store di Paris yang memiliki struktur menakjubkan.

Architecture… for a Better World adalah tema peringatan Hari Arsitektur Dunia 2018 yang jatuh pada 1 Oktober 2018. Tema ini menjadi pengingat kepada masyarakat dunia, bahwa sangat penting mempertimbangkan aspek kelestarian lingkungan dalam setiap kegiatan pembangunan.

Di Indonesia, ada Hari Arsitektur yang diperingati pada setiap 18 Maret. Pembangunan yang memperhatikan aspek kelestarian lingkungan, juga merupakan tantangan besar dalam upaya memenuhi kebuhutuhan hunian terjangkau di Indonesia.

Landscape alam berubah akibat terdesak kebutuhan manusia yang berdampak berkurangnya daerah resapan air, persawahan, perkebunan, hutan bakau, hutan penyangga dan sebagainya. Kerusakan alam memicu bencana alam dan mendesak habitat flora serta fauna dilindungi.

Tinggalkan Balasan