8 Hal Simpel yang Bisa Merubah Tampilan Interior Rumah

Kalau kamu mulai bosan dengan tampilan interior rumah milikmu sekarang?

Ingin menggantinya dengan interior rumah yang baru, lebih trendi, tapi nggak berlebihan? Tak perlu cemas harus serba repot atau kantongmu bolong akibat mengeluarkan banyak biaya, karena interior rumah yang cantik bukan berarti mahal lho. Bagaimana caranya supaya interior rumah jadi lebih cantik?

Yuk, simak sama-sama tips interior rumah ala Kania!

1. Tambahkan Dinding Aksen Pada Interior Rumah

Penambahan dinding aksen yang biasanya tampil beda dari dinding lain dalam sebuah ruangan adalah salah satu cara mudah untuk menyegarkan tampilan interior rumah kamu. Jangan ragu bermain warna dan tekstur untuk membuat tampilan unik pada dinding aksenmu.

Saat akan menghias atau memilih warna cat rumah untuk dinding aksen, perhatikan juga warna keseluruhan interior rumah ya. Kalau dinding-dinding lain dalam rumahmu didominasi cat putih polos, tampilkan dinding aksen dalam warna netral agar serasi.

Selain permainan warna dan tekstur, kamu juga boleh menambahkan hiasan dinding berupa poster printing, sesuaikan gambar dengan gaya interior rumah yang kamu usung.

2. Interior Rumah dengan Variasi Tekstur dalam Ruangan

Masih bicara soal tekstur untuk memperkaya interior rumah, kamu juga bisa memberi variasi tekstur dari hal-hal sederhana seperti mengganti taplak meja, sarung bantal, atau vas bunga.

Menghadirkan tekstur pada interior rumah dimulai dari furniture pilihanmu. Misalnya, bisa dilakukan dengan menambahkan throw rajutan pada sofa atau credenza kayu di dekat meja makan favoritmu.

Lalu bagaimana kalau kamu ingin bermain dengan tekstur yang kontras dengan dinding interior rumah yang polos? Pilih saja vas bunga berbahan unik seperti dari rotan, logam tempa atau keramik bermotif geometris.

3. Perbaiki Pencahayaan Sesuai Keperluan

Pencahayaan lampu yang tidak tepat bisa mengacaukan keindahan dalam interior rumah. Contoh simpelnya, jangan hanya memakai satu lampu di langit-langit ruangan, bagi susunan lampu menjadi 2-3 lampu yang berjajar pada plafon agar penerangan rata.

Ada empat tipe pencahayaan yang harus kamu perhatikan, yaitu pencahayaan alami, ambien, aksen, dan sesuai fungsi. Nah, untuk mendapat efek pencahayaan yang maksimal, idealnya kamu bisa menggabungkan empat tipe pencahayaan ini dalam interior rumah milikmu.

4. Tata Ulang Posisi Perabotan 

Bagaimana kalau kamu benar-benar tidak punya waktu untuk menghias ulang interior rumah di sela kesibukan? Jawabannya mudah, tata ulang saja perabotan dalam rumah!

Pindahkan coffee table milikmu lebih dekat ke sofa keluarga. Tambahkan kursi-kursi unik seperti ottoman berwarna cerah, atau buat kolase bingkai foto yang manis penuh dengan memorimu bersama orang-orang terkasih. Kursi-kursi yang bentuknya mirip juga bisa kamu pindah dan tukar posisinya, dijamin interior rumah bakal tampil beda dalam sekejap.

5. Tanaman Hidup Menambah Kesan Segar Pada Interior Rumah

Gunakan pot-pot beraneka ukuran, bahan dan warna sesuai dengai desain interior rumah kesayanganmu. Misalnya, interior rumah skandinavia yang identik dengan warna netral, pilih pot dengan warna senada seperti hitam atau abu-abu.

Sesuaikan ukuran pot dengan ruangan tempat meletakkannya, jangan pakai pot yang terlalu besar dan berat karena selain mengganggu akses keluar-masuk, juga akan merusak keserasian interior ruangan.

Jenis yang sedang populer untuk menghiasi interior rumah adalah tanaman sukulen aneka bentuk. Kenapa sukulen? Tanaman jenis sukulen yang berukuran mini cenderung cocok ditempatkan pada interior rumah gaya apapun. Selain itu, perawatannya juga mudah.

6. Bean Bag untuk Istirahat yang Nyaman

Bean bag adalah tempat duduk berisi butiran styrofoam dengan kain pembungkus khusus dan bentuknya tidak kaku. Bean bag yang sedang naik daun bisa jadi penghias interior rumah yang trendi sekaligus bermanfaat saat harus menerima banyak tamu.

Mungkin sekilas bean bag terlihat kurang praktis untuk menghiasi interior rumah, tapi sebenarnya bean bag sangat membantu sebagai tempat duduk ekstra yang murah. Bentuknya yang fleksibel juga menambah unsur praktis dalam dekorasi interior rumah, karena bean bag bisa diletakkan di tempat-tempat yang sulit dijangkau kursi biasa.

Pembungkus luarnya bisa dicuci terpisah dari isi styrofoam bagian dalamnya. Pilihan pas bagi kamu yang gemar menjaga kebersihan interior rumah, bukan?

7. Gantung Piring Hias Warna-warni 

Kamu punya banyak koleksi piring hias yang nggak terpakai? Kalau pajangan biasa mulai terasa monoton, sekarang saatnya piring-piring hias ini kamu manfaatkan untuk memberi kesan beda pada interior rumah.

Caranya mudah, gantungkan saja piring-piring aneka motif dan warna ini sebagai aksen pada dinding interior rumah. Kalau kamu tidak punya piring suvenir, jangan cemas karena kamu tetap bisa memakai piring biasa dengan motif unik untuk mempercantik interior rumah.

Jangan kaku saat mengatur posisinya, silakan berkreasi menggantung piring dengan posisi asimetris atau membentuk pola tertentu sesukamu. Pastikan piring sudah tergantung dengan kuat dan aman.

8. Interior Rumah Cermin Berbingkai Unik untuk Kesan Luas

Bagaimana kalau kamu ingin mempercantik interior rumah tapi terbentur ruangan yang sempit? Nah, cermin aneka ukuran dengan bingkai unik adalah solusi terbaik. Cermin tidak hanya bermanfaat menghiasi interior rumah, tapi juga memberi kesan lega di ruang yang sempit. Misalnya, pilih saja yang berbentuk klasik seperti oval atau persegi panjang dalam palet warna netral atau metalik. Dijamin interior rumah kesayanganmu akan lebih keren!

 

Tinggalkan Balasan