Agar Garasi Rapi, Ini Triknya!

Garasi seharusnya menjadi tempat memarkir mobil dan kendaraan lainnya di rumah. Akan tetapi, karena ruangannya cukup luas, banyak penghuni yang pada akhirnya membuat ruangan ini menjadi tampak seperti gudang.

Tidak hanya mobil dan perkakas yang disimpan di garasi, tapi ada juga barang-barang tidak terpakai seperti sepatu, pakaian, sepeda berkarat, dan masih banyak lagi.

Akibatnya, barang-barang menumpuk tanpa aturan. Tidak sedikit juga tercampur dengan barang-barang yang penting dan masih bisa digunakan.

Sebenarnya, garasi adalah bagian rumah yang juga memberikan fungsi penting dan memberikan estetika interior rumah. Bila tidak diurus, ruangan ini bisa memberikan aroma bau tak sedap dan kotor.

Nah, bagaimana cara merapikan garasi agar terlihat bersih dan menarik? Kami akan merangkum cara merapikan garasi, yang sudah dilansir dari berbagai sumber:

1. Keluarkan mobil, motor, dan sepeda dari dalam garasi

Tentu Anda ingin leluasa membersihkan dan merapikan garasi bukan? Nah, pertama kali tentu saja keluarkan dahulu kendaraan baik mobil, motor, dan sepeda dari dalam garasi.

Setelah itu, Anda bisa membuka pintu garasi dengan lebar agar pencahayaan lebih maksimal. Selain itu, cahaya matahari juga bisa memberikan semangat pada diri Anda untuk merapikan garasi.

2. Pisahkan barang-barang sesuai kategorinya

Siapak tiga kontainer untuk menampung barang-barang yang ada di garasi. Tiga kategori tersebut antara lain smapah, peralatan masih digunakan, dan barang akan disumbang atau dijual (sumber: wikihow.com)

Dilansir dari wikihow.com terdapat tiga kategori yakni yang bisa dijual, yang masih digunakan, dan yang harus dibuang.

Agar lebih mudah, Anda bisa menyiapkan tiga buah kontainer yang sudah diberi label ketiga kategori tadi. Kemudian, satu persatu barang diidentifikasi mana yang layak dibuang, masih digunakan, atau tepat dijual atau didonasikan.

Barang-barang yang masuk kategori tidak terpakai dan bisa dijual atau didonasi antara lain sepatu, pakaian, peralatan olahraga, dan lain-lain.

3. Menyimpan barang-barang secara vertikal

Houzz.com memberikan tips bagaimana agar barang-barang Anda tetap rapih disimpan, namun tidak ‘memakan’ ruangan. Caranya dengan menyimpan secara vertikal pada dinding.

Anda bisa menyimpan tangga, kursi lipat, alat pembersih, dan perkakas montir, dengan menggantungkan di dinding tembok. Namun, Anda harus mengukur dahulu tinggi dan lebar garasi Anda. Jangan sampai barang-barang yang sudah dipasang menghalangi kendaraan Anda masuk.

4. Kelompokkan barang-barang dalam satu rak

Agar memudahkan Anda mencari barang-barang yang disimpan, sebaiknya Anda menyimpan setiap barang sesuai dengan kelompok ke dalam satu rak. Misalnya, rak penyimpan sepatu, atau rak pembersih lantai atau kendaraan.

5. Gunakan kabinet

Untuk barang-barang yang kecil seperti skrup, paku, dan mur bisa disimpan ke dalam kabinet. Dan jangan lupa untuk memberikan label pada sisi depan kabinet.

It's only fair to share...Share on Facebook
Facebook
Tweet about this on Twitter
Twitter
Pin on Pinterest
Pinterest
Share on LinkedIn
Linkedin
Share on Tumblr
Tumblr

Tinggalkan Balasan

Call Now Button