beberapa Tahap Dalam pengecoran Untuk Rumah Tinggal

Pastinya kita menginginkan hasil yang sempurna untuk rumah yang akan kita tinggali. Namun juga tidak menghambur-hamburkan budget yang ada karena pengerjaan yang tidak effisien.

Untuk itu pastikan setiap tahap terencana dengan baik sesuai dengan kebutuhan pengerjaan konstruksi untuk rumah tinggal.

Berikut adalah tahap tahap dalam pengerjaan untuk pengecoran rumah tinggal.

  1. Susun gambar rencana pembangunan rumah tinggal anda sehingga anda dapat menentukan budget yang ingin anda keluarkan. Pengerjaan konstruksi tidak keluar jalur dan tetap berpatokan pada gambar awal yang anda susun.
  2. Tentukan spesifikasi konstruksi yang akan di gunakan. Hal ini akan berpengaruh pada bahan material dan beton cor yang akan di gunakan.
  3. Hitung jumlah beton cor yang di perlukan. Untuk menghitung jumlah kubikasi beton yang di perlukan menggunakan rumus p x l x t. Misalnya kita ingin mengecor dak lantai berbentuk persegi panjang dengan ukuran 10 x 17 meter dengan tebal plat yang di buat 12 cm. Maka perhitunganya adalah 10m x 17m x 0,12 = 20, 4 m3. Untuk mempertimbangkan faktor keamanan karena kemungkinan tumpah atau kebocoran bekisting ada baiknya kita menambahkan 2,5 persen dari jumlah kebutuhan beton cor yang telah di hitung. Jika kebutuhan beton cor ialah 20,4 m3 maka sebaiknya mempersiapkan 20,4m3 + (20,4 x 2,5%) = 20,91 atau bisa kita bulatkan 21m3
  4. Setelah menghitung jumlah kebutuhan beton cor yang di perlukan langkah selanjutnya ialah Menentukaan proses pengecoran yang akan di lakukan. Apakah akan menggunakan site mix (pengecoran di lokasi proyek) atau menggunakan beton cor readymix (beton cor yang sudah jadi di proses di batching plant). Jumlah kubikasi dan faktor efisiensi waktu menjadi pertimbangan untuk memilih proses apa yang akan di lakukan. Kami  menyarankan untuk menggunakan readymix untuk efisiensi waktu dan ketepatan kualitas campuran beton karena kualitas yang di perlukan untuk pengecoran rumah tinggal adalah kualiktas beton k225 atau k250.
  5. Jika memilih menggunakan readymix langkah selanjutnya ialah konsultasikan kepada pihak batching plan untuk memastikan kualitas kelayakan akses dan pertimbangan teknis pengerjaan seperti kebutuhan menggunakan pompa atau tidak.
  6. Setelah suma tahap di atas telah di laksanakan baiknya terus berkoordinasi dengan pihak batching plant / konsultan marketing readymix untuk memonitoring dan memastikan pengerjaan pengecoran anda tepat waktu.

Tinggalkan Balasan