Tips Bentuk Desain Penataan Rumah Agar Terlihat luas

Rumah dengan desain ukuran yang kecil mulai banyak dimiliki orang Indonesia. Hal tersebut disebabkan keterbatasan bidang tanah. Nggak heran kalau orang Indonesia banyak memiliki rumah mungil. Namun demikian, memiliki rumah mungil punya kekurangan. Ukuran ruang yang sempit terkadang bisa membuat kurang leluasa untuk bergerak. Bahkan di kondisi tertentu, ruangan sempit bisa jadi memengaruhi tingkat stres yang lebih tinggi, lho.

Untuk mengatasi ruangan rumah yang sempit, kamu sebenarnya bisa melakukan beberapa cara dalam menata benda dan dekorasi rumah. Pemilihan warna barang, pemanfaatan benda yang multifungsi, dan penggunaan sudut ruangan adalah beberapa contoh hal yang perlu diperhatikan untuk mengatasi rumah sempit.

Untuk informasi selengkapnya terkait penataan rumah yang sempit, berikut saya punya rangkumannya.

1. Pilih furnitur yang praktis.

Ketika memilih furnitur untuk apartemen atau rumah yang kecil, pastikan ukurannya ringan. Selain itu pilih perabot rumah yang memiliki desain praktis. Contohmua perabotan transparan dan memiliki kaki yang tipis.

2. Pilih warna cerah.

Untuk ruangan dengan ukuran kecil, pilihlah warna-warna cerah seperti biru muda, hijau muda, merah muda, krem, dan abu-abu terang. Warna tersebut akan membuat ruangan terkesan tidak begitu padat.

3. Jangan beli furnitur kecil.

Salah satu kesalahan yang paling sering dilakukan adalah ketika mendekorasi ruangan kecil dengan furnitur kecil. Ini sebenarnya justru memiliki efek sebaliknya. Dengan furnitur kecil justru membuat ruangan jadi semakin sempit. Tambahkan beberapa barang berukuran besar untuk menjaga keseimbangan pemandangan ruang.

4. Gunakan cahaya yang tepat.

Untuk menerangi ruangan dengan benar, jangan membeli lampu gantung besar. Pilih lampu kecil yang bisa dipasang di berbagai sudut langit-langit ruangan agar cahayanya dapat tersebar merata.

5. Furnitur multifungsi.

Pilih furnitur yang bisa digunakan secara multifungsi. Satu benda biasanya bisa memiliki banyak kegunaan, seperti tempat tidur juga bisa berupa rak dan sofa.

6. Tanpa batas.

Cobalah untuk tidak memasang lantai dengan warna atau motif yang berbeda dalam satu ruangan, karena itu justru  akan membuat ruang terlihat semakin sempit.

7. Gunakan ruang pojokan.

Hanya sedikit orang yang biasanya menggunakan ruang pojokan untuk menempatkan benda-benda tertentu. Padahal sudut ruangan sebenarnya memiliki banyak kegunaan, seperti bisa untuk menempatkan buku-buku hingga sampai titik tertinggi ruangan itu. Ini pastinya bisa lebih menghemat ruang.

8. Gunakan ruang dengan benar.

Untuk menampilkan ruangan yang lebih luas, kamu bisa memilih lemari atau rak yang tinggi. Selain itu agar lemari tidak terlihat terlalu besar, kamu bisa pilih warna terang dengan body yang transparan.

9. Hindari menggunakan dekorasi kecil.

Banyaknya aksesori yang tidak berguna akan membuat ruang kecil terlihat lebih kecil. Kamu bisa menyimpan foto, patung, vas, dan suvenir ke dalam wadah cantik yang ringkas jika ingin memperindah ruangan.

10. Tidak perlu terlalu banyak karpet.

Kalau kamu suka karpet, pilihlah karpet yang tidak memiliki banyak warna dan motif. Karena karpet yang dipenuhi dengan berbagai warna dan motif justru akan membuat ruangan terlihat semakin padat dan sempit.

Tinggalkan Balasan