Cara Memilih Keramik Kamar Mandi

Salah satu unsur penting yang turut menentukan keindahan dan kenyamanan ruangan adalah lantai keramik, termasuk lantai keramik kamar mandi. Hal ini disebabkan keramik terbukti tangguh menghadapi air dan kelembaban.

Memilih lantai keramik kamar mandi bisa dibilang susah-susah gampang. Anda harus cermat dan jeli karena akan berimbas pada ketahanan, ketepatan dan kesesuaian saat diaplikasikan. Lebih jauh mempengaruhi suasana dalam ruangan bahkan juga mood. Buku ide kali ini, homify akan berbagi tips memilih keramik kamar mandi untuk Anda semua.

​Jenis kamar Mandi

Seebelum memilih keramik, Anda harus memastikan kamar mandi yang akan Anda buat termasuk dalam kamar mandi kriteria apa. Kamar mandi dibedakan menjadi 2  yakni kamar mandi kering dan kamar mandi basah.

Kamar mandi kering mampu menciptakan suasana nyaman karena bebas dari air yang menggenang. Dari segi kesehatan akan lebih baik karena bebas dari sarang nyamuk dan lebih muda terjaga. Sedangkan kamar mandi basah memiliki keunggulan akan simplisitas karena tidak membutuhkan saluran air yang panjang layaknya kamar mandi kering.

Berikut rekomendasi jenis keramik yang sesuai dengan desain kamar mandi:

Kamar mandi kering

Kamar mandi kering secara umum terbagi menjadi 2 bagian. Pertama bagian untuk mandi tepat di bawah shower dan Kedua bagian kering selain dibawah shower.

Untuk bagian di bawah shower sepertinya kurang tepat menggunakan keramik dan akan lebih cocok menggunakan batu-batu alam seperti batu koral ukuran besar atau kecil. Anda bisa menatanya sedemikian rupa sesuai keinginan, menyemennya dan menambahkan hiasan tanaman untuk menambah keindahan. Sedangkan untuk kamar mandi keringnya ada bisa memilih keramik bermotif atau polos sesuai selera dan desain.

Kamar mandi basah

Kamar mandi basah identik dengan genangan air baik di bak mandi utama atau bak mandi pelengkap. Kondisinya yang lembab menyebabkan air dapat merembes, bahkan cenderung tidak aman karena rentan membuat orang terpeleset. Memahami kondisi ini, sangat tepat untuk menggunakan lantai keramik bertekstur kasar, atau keramik matte agar tidak rentan terpeleset.

Keramik dengan motif-motif timbul akan cocok digunakan. Selain itu motif kotak-kotak, motif bunga, motif kayu yang muncul juga dapat dijadikan pilihan menarik.

Ukuran & Jenis Lantai Keramik

Bentuk, ukuran dan corak lantai kamar mandi dibuat dalam berbagai macam ukuran dan motif. Umumnya berukuran 20×20 cm atau 25×25 cm atau 20×30 cm. Permukaannya cenderung kasar agar tidak licin. Sedangkan untuk dinding kamar mandi biasanya permukaannya halus. Ukurannya 20×25 cm atau 25×40 cm. Akan nampak indah bila pengaplikasiannya dibuat senada antara lantai dengan dinding.

Sementara itu dari segi kualitas, keramik dapat dikelompokkan dalam beberapa jenis yakni KW 1, KW2 dan KW 3. Harga pun berbeda-beda. Sekilas ketiganya nyaris tiada beda baik warna, ukuran dan juga motif. Namun bila dilihat lebih detail perbedaan nampak pada kemasan dan ukurannya. Keramik KW1 kemasan lebih rapi dan ukuran lebih akurat hingga ke milimeternya. Keramik KW2 dan KW3 kemasan kurang rapi dan ukuran kurang persisi sehingga dalam pemasangan harus jeli agar nat keramik terlihat lurus.

Ada beberapa macam merk keramik terkenal yang beredar dipasaran antara lain: Platinum, Milan, Granito, Roman, Hercules, Arwana dan beberapa merk lainnya dengan harga bervariatif.

Bila Anda masih bingung terkait ukuran, model yang akan digunakan. Mintalah saran kepada sang ahli atau teman yang pernah membeli dan memasang keramik.

Tinggalkan Balasan