Ciptakan Rumah Sehat dan Nyaman dengan Teknik Penempatan Jendela yang Tepat

Jendela merupakan salah satu elemen penting pada rumah sehat. Selain memberikan nilai estetika, jendela juga menjadi sarana sirkulasi udara dan cahaya matahari dapat secara alami masuk ke dalam rumah.

Penempatan jendela yang kurang tepat dapat menimbulkan ketidakseimbangan komponen cahaya, udara dan estetika dalam rumah. Nah, berikut kami bagikan beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menempatkan jendela:

Arah Sinar Matahari

Lokasi penempatan jendela yang baik adalah tidak menerima paparan matahari secara langsung, karena dapat menimbulkan hawa panas, dan merusak furnitur di dalam rumah. Apalagi, Indonesia menerima limpahan sinar matahari yang cukup terik. Terutama sinar matahari dari arah barat (sore hari) yang mempunyai derajat panas dan sinar UV lebih tinggi.

Penempatan Furnitur dalam Ruangan

Penempatan furnitur dan jendela yang kurang sesuai akan mengurangi nilai estetika ruang tersebut. Selain itu, pemandangan di luar jendela juga perlu diperhatikan. Pastikan untuk meletakkan jendela pada tempat yang sesuai dengan pemandangan yang diharapkan.

Ukuran dan Ketinggian Posisi Jendela

Perhatikan penempatan jendela pada setiap ruangan. Jendela untuk ruang tidur sebaiknya tidak terlalu besar untuk mencegah distraksi saat tidur serta meningkatkan keamanan pada ruangan. Sementara untuk ruang bersama seperti ruang keluarga bisa menggunakan jendela dengan ukuran lebih besar. Hal tersebut berkaitan pula dengan faktor privasi yang perlu diperhatikan. Ruangan seperti kamar tidur harus mendapat tingkatan privasi yang lebih tinggi dari ruang tamu atau keluarga.

Tinggalkan Balasan