Kamu Mau Jadi Arsitek? Kenali Dulu Seluk Beluk Arsitektur dan Pendidikan Terbaiknya

untut ilmu arsitektur.

Pengertian arsitektur

Arsitektur adalah ilmu dan seni perencanaan dan perancangan lingkungan binaan. Mulai dari lingkup makro (seperti perencanaan dan perancangan kota, kawasan, lingkungan, dan landscape) hingga lingkungan mikro (seperti perencanaan dan perancangan bangunan, interior, perabot, dan produk.

Namun, orang-orang lebih banyak mengenal arsitektur dalam arti yang sempit, yaitu sebagai ilmu dan seni perencanaan dan perancangan bangunan.

Dalam pengertian lain, istilah arsitektur sering juga digunakan untuk menggantikan istilah “hasil-hasil proses perancangan”.

Beberapa ahli pun tak kalah untuk turut berpendapat mengenai pengertian arsitektur ini, di antaranya:

  1. Banhart CL. Dan Jess Stein mengatakan bahwa arsitektur adalah seni dalam mendirikan bangunan, termasuk di dalamnya segi perencanaan, konstruksi, dan penyelesaian dekorasi nya; sifat atau bentuk bangunan; proses membangun; bangunan dan kumpulan bangunan.
  2. Selanjutnya, Van Romondt mengungkapkan arsitektur adalah ruang tempat hidup manusia dengan bahagia. Ruang berarti menunjuk pada semua ruang yang terjadi karena dibuat oleh manusia atau juga ruang yang terjadi karena proses alam seperti gua, naungan pohon, dan lain-lain.
  3. Sedangkan, Robert Gutman membuat pernyaraan bahwa arsitektur sesungguhnya merupakan kulit ketiga manusia. Arsitektur merupakan lingkungan buatan yang bukan saja menjembatani antara manusia dengan lingkungan melainkan sekaligus merupakan wahana ekspresi kultural untuk menata kehidupan jasmaniah, psikologis, dan sosial manusia.
  4. Lalu, Claudil berkata bahwa arsitektur adalah sesuatu yang bersifat personal, menyenangkan, dan memerlukan pengalaman. Arsitektur adalah hasil persepsi dan penghargaan manusia terhadap ruang dan bentuk. Ada tiga pengalaman arsitektur: aspek fisikal, emosional, dan kebutuhan intelektual.

Dari beberapa pengertian para ahli di atas, kita dapat menyimpulkan bahwa arsitektur memang tak hanya sekadar perihal perencanaan dan perancangan bangunan saja. Namun juga menyangkut aspek-aspek yang lebih besar dari padanya.

Universitas dengan jurusan arsitektur terbaik di Indonesia

Apakah Anda tahu bahwa arsitektur merupakan salah satu jurusan yang sangat diminati di Indonesia? Sebab, katanya, masa depan dari seorang arsitek akan lebih mendapat “jaminan”. Maka itu, tak jarang orang yang saling berlomba untuk mendapatkan pendidikan arsitektur terbaik.

Bila Anda adalah salah satu di antara yang sedang mencari pendidikan arsitektur terbaik di Indonesia, Anda bisa menilik beberapa universitas yang akan dibahas di bawah ini.

Di Indonesia sendiri, setidaknya terdapat sekitar dua puluh lima universitas yang memiliki prodi arsitektur dengan akreditasi terbaik. Beberapa universitas yang akan disebutkan ini adalah universitas-universitas yang telah mendapatkan akreditasi A dari BAN-PT untuk prodi arsitekturnya.

Beberapa universitas dengan jurusan arsitektur terbaik di dunia itu adalah:

1. S1 Arsitektur – Universitas Sebelas Maret

Jurusan arsitektur di Universitas Sebelas Maret (UNS) telah berdiri semenjak tahun 1979. Universitas yang berada di kota Surakarta ini membuka prodi arsitektur untuk memenuhi kebutuhan sarjana arsitektur dan menampung seluruh tamatan SMA di berbagai kota Indonesia yang memiliki minat dalam bidang arsitektur.

Untuk prospek kerjanya sendiri, lulusan arsitektur bisa bekerja di berbagai tempat di dalam maupun luar negeri.

2. S1 Arsitektur – Universitas Diponegoro

Universitas Diponegoro, atau yang sering disebut Undip, adalah perguruan tinggi kebanggaan masyarakat Semarang. Jurusan arsitekur Universitas ini sendiri telah berdiri semenjak 10 November 1962.

Dengan usia yang sudah sangat matang tersebut tidak mengherankan jika Universitas Diponegoro berhasil masuk ke dalam daftar universitas dengan jurusan arsitektur terbaik di Indonesia.

ini didukung dengan lima laboratorium berfasilitas lengkap sebagai penunjang proses belajar dan mengajar mahasiswa.

3. S1 Arsitektur – Institut Teknologi Sepuluh Nopember

Sebagai sebuah pusat studi berbau teknik, tak salah jika Institut Teknologi Sepuluh Nopember ini masuk ke dalam daftar universitas dengan jurusan arsitektur terbaik di Indonesia. Prodi arsitektur di Institut Teknologi Sepuluh Nopember ini telah berdiri cukup lama, yakni sejak tahun 1965.

Sebagai penunjang proses belajar mengajar, Institur Teknologi Sepuluh Nopember ini memiliki delapan laboratorium dan studio desain. Labolatorium tersebut mencakup: Perumahan dan Permukiman, Sains Bangunan, Komputasi Arsitektur, Arsitektur Lansekap, Struktur dan Konstruksi, Perancangan (tugas akhir) Arsitektur, Perkembangan Arsitektur, Studio Perancangan Arsitektur.

4. S1 Arsitektur – Universitas Gadjah Mada

Sebagai perguruan tinggi yang berdiri di kota pendidikan, universitas yang satu ini sudah tidak perlu diragukan lagi soal kualitas pendidikan. Prodi arsitektur Universitas Gadjah Mada telah berdiri semenjak 1962.

Universitas negeri terbaik di Yogyakarta ini menyediakan lima laboratorium arsitektur, yaitu: Labolatorium Perancangan Arsitektur, Labolatorium Sejarah dan Perkembangan Arsitektur, Labolatorium Teknologi Bangunan, Labolatorium Perumahan dan Pemukiman dan, Labolatorium Perencanaan Kota dan Daerah.

5. S1 Arsitektur – Universitas Udayana

Prodi arsitektur di Universitas Udayana sudah berdiri semenjak tahun 1965 dan menjadi cikal bakal dari Fakultas Teknik yang ada di sana. Saat ini, prodi arsitekur di universitas negeri yang terletak di Pulau Dewata ini sudah mendapatkan akreditasi A dari BAN-PT.

Bagi Anda yang berdomisili di Bali dan berminat untuk mempelajari arsitektur lebih dalam di perguruan tinggi, prodi arsitektur Universitas Udayana adalah salah satu pilihan terbaik.

6. S1 Arsitektur – Universitas Sumatera Utara

Universitas Sumatera Utara menjadi satu-satunya perguruan tinggi di Sumatera yang memiliki jurusan arsitektur yang telah terakreditasi A dari BAN-PT. Bagi Anda yang berdomisili di Sumatera Utara atau di daerah Sumatera lainnya dan berminat kuliah di jurusan arsitektur, Anda dapat memilih universitas ini sebagai pilihan terbaik.

7. S1 Arsitektur – Universitas Hasanuddin

Perguruan tinggi paling bungsu di jajaran PTBH (Perguruan Tinggi Badan Hukum) ini memang sedang naik daun. Sebagian besar prodi di Universitas Hasanuddin sudah terakreditasi A oleh BAN-PT, termasuk jurusan arsitektur yang sudah memiliki akreditasi A semenjak tahun 2005. Prodi arsitektur di universitas ini sendiri didirikan pada 10 September 1963.

8. S1 Arsitektur – Institut Teknologi Bandung

Siapa yang tidak kenal dengan perguruan tinggi satu ini? Sudah bukan menjadi hal yang mengagetkan lagi ketika mengetahui perguruan tinggi negeri yang berada di kota Bandung satu ini menjadi kampus impian anak-anak SMA. Maka, tak perlu heran juga bila jurusan arsitekturnya menjadi salah satu yang terbaik di Indonesia, kan?

9. S1 Arsitektur – Universitas Indonesia

Sebagai universitas tertua dan ternama di Indonesia, Universitas Indonesia telah membuktikan kualitasnya yang luar biasa dengan akreditasi A di semua prodi S1 yang mereka buka. Selain mendapatkan akreditasi dari BAN-PT, jurusan arsitektur di universitas ini juga sudah terakreditasi oleh ASEAN University Network (AUN) pada tahun 2010.

 Universitas dengan jurusan arsitektur terbaik di dunia

Anda merasa kurang tertarik untuk melanjutkan studi di dalam negeri? Namun, Anda masih berusaha untuk mencari jurusan arsitektur terbaik untuk Anda nantinya? Penjabaran selanjutnya mungkin akan menjawab apa yang Anda pertanyakan.

Dalam dunia internasional, beberapa universitas di bawah ini dipercaya sebagai universitas dengan jurusan arsitektur terbaik di luar negeri.

1. Virginia Polytechnic Institute – Amerika Serikat

Virginia Polytechnic Institute atau yang biasa disebut dengan VirginiaTech ini merupakan universitas yang dikenal dengan teknik arsitektur yang cukup diakui.

Perguruan tinggi yang terletak di daerah Pegunungan Appalachia ini menerapkan system pendidikan militer secara penuh untuk mahasiswanya.

Di antara 60 jurusan di program sarjana dan 140 jurusan di program master dan doctor, jurusan arsitektur dan lansekap di universitas inilah yang menjadi primadona.

2. Southern California Institute of Architecture (Sci-Arc) – Amerika Serikat

Jika Anda memang benar-benar menyukai ilmu arsitektur dan ingin mengembangkan sudut pandang Anda di bidang tersebut, universitas ini adalah pilihan yang tepat untuk Anda.

Southern California Institute of Architecture (Sci-Arc) ini didirikan pada tahun 1972 oleh beberapa mahasiswa dan dosen Fakultas Arsitektur di Pomona.

Mereka ingin “mendobrak” pemahaman tradisional tentang arsitek dan berniat untuk mengubahnya menjadi eksperimen tak terbatas.

Universitas yang menjadikan “sekolah tanpa tembok” sebagai motto-nya ini merupakan lembaga independen di bidang pendidikan tinggi yang menawarkan program sarjana hingga magister. Menarik, bukan?

Namun, Anda tidak perlu khawatir. Walaupun universitas ini berdiri atas dasar pendobrakan, universitas ini sudah diakreditasi oleh lembaga penilai di bidang arsitek ataupun di bidang pendidikan bagian barat Amerika.

3. Institute for Advanced Architecture Catalonia (IAAC) – Spanyol

Universitas yang terletak di 22 distrik di Barcelona ini merupakan salah satu pusat arsitek dan urbanisasi dunia. Di Institute for Advanced Architecture Catalonia (IAAC), mahasiswa tidak hanya dibekali kemampuan menata kota, bangunan, dan manufraktur. Namun juga diajarkan tentang ekologi, energy, dan sejenisnya.

Institute for Advanced Architecture Catalonia (IAAC) memiliki labolatorium produksi digital yang terbaik di Eropa Selatan. Labolatorium tersebut memiliki pemotong laser, printer 3D, dan lain sebagainya.

4. MIT School of Architecture and Planning – Amerika Serikat

Universitas yang terletak di Cambridge, Masachusetts, Amerika Serikat ini memang merupakan salah satu yang terbaik di bidang teknologi. Dan ternyata, jurusan arsitektur yang dimilikinya pun memiliki pengajaran yang hampir menyeluruh di setiap detil ilmu arsitektur.

Hal tersebutlah yang membuat MIT School of Architecture and Planning memegang kemenangan di bidang arsitekturnya. MIT School of Architecture and Planning juga merupakan universitas pertama di dunia yang membuka program arsitektur.

Selain itu, universitas ini pun memiliki perhatian yang besar terhadap masalah penelitian. Hal ini akan membuat mahasiswa yang mengambil studi di sana bisa berkembang dengan luas. Anda ingin membuktikannya?

5. Architectural Association – Inggris

Architectural Association merupakan sekolah arsitek di Inggris yang secara resmi berdiri tahun 1890. Universitas ini telah melahirkan banyak sekali pemimpin di bidang arsitek di seluruh dunia.

Karena namanya yang sudah kian melambung di bidang arsitektur, bahkan banyak pemimpin perusahaan arsitek tingkat dunia yang memiliki kecenderungan untuk merekrut alumni Architectural Association ketika mereka telah dinyatakan lulus nanti.

Universitas ini termasuk salah satu sekolah arsitektur yang paling diperhitungkan dan paling kompetitif di dunia internasional. Selain itu, universitas ini juga memiliki took buku sendiri, yaitu AA Bookshop yang menjual berbagai buku tentang arsitektur.

Para mahasiswa di Architectural Association juga pernah mendapatkan Penghargaan Stirling dan juga Penghargaan Pritzker.

6. Glasgow School of Art – Skotlandia

Glasgow School of Art atau GSA ini merupakan satu-satunya sekolah seni dan desain setingkat universitas yang berdiri secara independen di Skotlandia.

Universitas ini pernah beberapa kali menjadi tuan rumah dari konsul penelitian seperti Konsul Penelitian Seni dan Humaniora, Konsul Penelitian Teknik dan Ilmu Fisika, Konsul Penelitian Ekonomi dan Sosial, serta penelitian lainnya.

Universitas ini menawarkan program sarjana dan magister dengan akreditasi terbaik di dunia. Salah satu jurusan terbaik dari sekolah seni dan desain ini adalah jurusan arsitekturnya.

Alumni dari Glasgow School of Art juga sering menjadi nominator Penghargaan Turner dan sempat beberapa kali menjadi juara.

7. Technical University of Delft – Belanda

Universitas yang biasa dikenal dengan TU Delft ini merupakan salah satu universitas yang memiliki program teknik dan arsitek terbaik di dunia.

Di Fakultas Arsitek Technical University of Delft ini memiliki empat jurusan, yaitu: Arsitektur, Urbanisme, Teknologi Pembangunan dan Perumahan, dan Real Estate.

Universitas ini menawarkan program bachelor, master, dan post-master di bidang arsitektur. Selain itu, Technical University of Delft ini juga akan membantu mahasiswanya untuk memahami lansekap arsitektur, membuat rumah, fisika pembangunan, dan ketahanan iklim.

8. Royal Danish Academy Fine of Arts – Denmark

Royal Danish Academy Fine of Arts adalah sekolah seni yang terletak di Denmark. Sekolah ini merupakan lembaga pendidikan yang berorientasi pada praktik. Royal Danish Academy Fine of Arts ini akan mencontohkan pemahaman baru tentang arsitektur.

Sekolah arsitektur yang menjadi salah satu yang terbaik di dunia ini hanya menerima sekitar 90-140 mahasiswa setiap tahunnya. Dengan satu kelasnya hanya terdiri dari 20 mahasiswa saja.

9. University of Tokyo – Jepang

Universitas yang berlokasi di Tokyo, Jepang ini sesungguhnya memiliki tugas yang cukup berat. Sebab, negerinya sendiri seringkali dilanda gempa bumi yang membuat pekerjaan arsiteknya lebih rumit daripada yang ada di lokasi lainnya.

Di University of Tokyo, terutama di Fakultas Teknik, mereka menggunakan system belajar yang sesuai dengan pola pikir seorang insinyur. Yaitu, bertanggung jawab di dalam penelitian, pengembangan, perencanaan, produksi, manajemen, dan aturan yang berkaitan dengan teknik dan aplikasinya.

Tujuan utama dari hal tersebut adalah untuk berkontribusi dalam ketahanan dan pengembangan masyarakat di bidang penelitian untuk pembaruan dan inovasi teknologi.

Ilmu yang dipelajari di bidang arsitektur di sini antara lain bangunan-bangunan kuno dan cagar budaya, karakteristik gedung pencakar langit, produksi rumah, diagnose gempa, penguatan terhadap gempa, dan lain sebagainya.

 

Tinggalkan Balasan