Sebelum Renovasi Rumah, 5 Hal Ini Wajib Kamu Pertimbangkan Agar Sesuai Harapan

Membangun rumah dari nol tidak selalu dilakukan oleh pasangan muda, sebab membutuhkan biaya yang besar dan harga tanah yang melambung tinggi. Membeli rumah yang sudah jadi, atau syukur-syukur diwarisi oleh orangtua, merupakan cara tersendiri untuk menghemat biaya.

Memiliki hunian tidaklah harus dibangun dari nol, melainkan merenovasinya bisa jadi pilihan. Merenovasi rumah berarti memperbaiki beberapa ruang atau bahkan merombaknya, untuk tujuan yang berkenaan dengan kenyamanan, penghematan energi, hingga menambah ruang.

Ada banyak hal yang wajib diperhatikan sebelum melakukan renovasi rumah. Apa sajakah itu? Cek yuk!

1. Miliki rencana awal yang matang

Memiliki perencanaan yang matang sudah pasti menjadi syarat utama sebelum kamu merenovasi rumah kamu. Sebab, tanpa rencana yang matang, bisa-bisa dana yang kamu keluarkan membengkak dan pengerjaan renovasi jadi kurang maksimal.

Maka penting sekali untuk menyiapkan detail-detail harga baik untuk pembelian material baru, penyewaan jasa renovasi, hingga pemeliharaan rumah dalam kurun waktu beberapa tahun ke depan.

2. Amati lingkungan di sekitar rumah

Menyatu dengan lingkungan sekitar ialah salah satu cara agar hati kita terpaut dengan para tetangga. Seakan-akan kita bisa menjadi bagian dari mereka, hanya dengan menyamakan kesan dan gaya rumah di sekitar mereka.

Caranya adalah dengan menggabungkan beberapa unsur unik yang ada di rumah-rumah sekitar kamu. Kamu bisa ubah lagi polanya sedikit demi sedikit, hingga terbentuk gaya baru yang kamu banget namun tetap menyatu dengan mereka.

3. Kenali gaya hidup kamu dan keluarga

Rumah yang dulu mungkin masih belum cocok untuk kamu dan keluarga tinggali. Sebab, masing-masing personal memiliki karakter sendiri-sendiri. Tidak bisa dipaksakan seragam dan sama dengan orang-orang lainnya, termasuk pemilik rumah sebelumnya.

Nah, karena itulah, penting sekali untuk mengenali gaya hidup kamu dan keluarga. Apakah lebih senang menonton televisi atau ngobrol, itu sangat berguna untuk menciptakan ruang multimedia atau bersantai.

4. Pilih material yang awet dan tahan lama

Renovasi rumah bukan hanya soal tampilan supaya terlihat lebih mewah dan elegan. Tetapi juga soal keawetan dari tiap material yang dihimpun oleh sebuah bangunan. Maka penting sekali untuk memilih material yang awet dan tahan lama.

Jenis-jenis material pun wajib kamu kenali, atau setidaknya tau sekilas dan lebih menyerahkannya pada sang ahli. Pilih material yang aman meski melewati beberapa musim seperti musim hujan hingga kemarau panjang.

5. Libatkan jasa renovasi dari ahlinya

Melibatkan penyedia jasa renovasi ialah tips terakhir namun bukan yang paling akhir. Penting sekali untuk menanyakan hal-hal detail dan teknis kepada ahlinya.

Bukan saja arsitek atau kontraktor yang fokus membangun dari awal, tetapi juga mereka yang memfokuskan diri untuk menyediakan jasa renovasi. Konsultasikan segala hal yang kamu butuhkan sebelum memutuskan untuk lanjut merenovasi rumah.

Tinggalkan Balasan