Simak 5 Tips Bersih-bersih Rumah & Furnitur Habis Kena Banjir!

 Banjir di awal tahun 2020 ini memang besar banget, khususnya di wilayah Jabodetabek. Ribuan rumah terendam banjir dan sulit diakses. Masalahnya ketika banjir surut, kita juga dapat kerjaan baru, yaitu menyelamatkan kondisi rumah dan segala furnitur di dalamnya.

Lalu apa dulu yang harus kita lakukan? Yuk intip 5 tips bersih-bersih rumah dan furnitur sehabis banjir ini biar enggak pusing!

 

1. Lepas semua perangkat yang masih terhubung dengan stop kontak

Pertama dan utama, segera lepaskan perangkat elektronik yang masih terhubung dengan stop kontak untuk mencegah kebakaran.

Akan jauh lebih baik lagi kalau kita mematikan listrik dari pusatnya untuk sementara waktu, sehingga enggak ada kejadian kebakaran kalau tiba-tiba listrik menyala kembali.

2. Pindahkan furnitur ke tempat kering

Kalau ada furnitur yang kena banjir, kita bisa keluarkan dari rumah dan jauhkan dari sinar matahari. Pastikan kita mengelap seluruh furnitur biar enggak basah dan mengeringkan furnitur dengan hair dryer atau kipas angin untuk mempercepat prosesnya. Namun, furnitur bakalan kering dengan sempurna kalau kita biarkan di luar rumah dan kena angin.

Kalau enggak bisa memindahkan furnitur karena terlalu berat, setidaknya pakaikan batu atau alumunium foil di bawahnya untuk menjaga dari lantai yang basah.

3. Pilah barang yang masih bisa dipakai

Pasti ada barang yang masih bisa kita pakai dan harus kita buang karena sudah hancur parah.

Waktunya kita pilah-pilah barang tersebut sembari membereskannya ke tempatnya yang sudah kita atur sebelumnya.

Proses ini memang memakan waktu yang lama dan butuh kesabaran ekstra, karena bisa jadi barang berharga kita harus kita buang karena sudah kena banjir sepenuhnya. Jadi, sabar ya!

4. Servis atau buang

Kalau sudah memilah barang, waktunya kita mengecek kondisi barang-barang elektronik kita.

Kalau sekiranya masih bisa dipakai, kita bisa servis biar bisa dipakai kembali. Namun harus diingat, jangan sampai biaya servis melebihi biaya beli. Kalau sudah hampir setara dan kita merasa rugi, lebih baik buang barang tersebut dan beli yang baru.

5. Bersihkan lumpur dengan air

Cara paling baik biar lumpur bisa menghilang dari lantai rumah kita adalah dengan menyiramnya pakai air dan menggosok dengan sikat atau sapu lidi hingga lumpurnya terangkat. Setelah itu kita bisa menyeroknya ke luar rumah.

Kekurangan air? Kita bisa menggosoknya dengan sapu lidi dan menyerok lumpur ke luar rumah.

Setelah itu, jangan lupa pel lantai rumah kita dengan pembersih lantai yang ampuh untuk menghilangkan sisa-sisa lumpurnya.

Walaupun bersih-bersih rumah pasti bakalan memakan waktu yang banyak dan menguras mental, pastikan kita cepat dan teliti mengerjakannya supaya rumah kita enggak jadi sarang penyakit ya!

Tinggalkan Balasan